Akal dan Peradaban

Tau Archimedes? Fisikawan dan matematikawan Yunani ini merupakan salah satu dari sekian banyak ilmuan dan penemu yang pada masa hidupnya dianggap sebagai orang gila. Bahkan mungkin hingga manusia-manusia modern mengakui pemikiran mereka dan mencetaknya dalam buku-buku sekolah kita. Lebih malunya lagi, nampaknya hampir semua barang di sekitar kita adalah hasil terapan ide-ide “gila bin mustahil” ilmuan-ilmuan itu.

Pada halaman kedua dari buku Jejak Langkah (Pramoedya Ananta Toer), penulis mendiskripsikan suasana hati tokoh utamanya, Minke, salah satunya dengan kalimat:
“.... Omong kosong kata orang sebentar lagi trem akan ditarik dengan tenaga listrik. Bagaimana mungkin listrik menarik trem!”
Sekali lagi disini bisa kita lihat bahwa Pram menggambarkan watak tokoh yang masih lugu dengan akal pikirannya terhadap kemajuan teknologi. Tentu saja bila melihat zaman modern saat ini, percaya atau tidak, masuk akal atau tidak, kita tidak peduli dan bisa menerima begitu saja bahwa listrik bisa digunakan menggerakkan kendaraan.
Itu beberapa contoh respon masyarakat masa lalu terhadap perkembangan tekhnologi. Pada akhirnya apa-apa yang mereka anggap gila, aneh, bahkan mustahil menjadi hal yang biasa-biasa saja kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari di kehidupan modern saat ini. Tentu saja istilah modern ini digunakan karena mengacu pada kehidupan masa lalu yang masih tradisional dan belum maju. Lalu bagaimana dengan masa depan? Mungkin sebagian orang yang telah mengaku modern ini hakikatnya masih sangat  tradisional bila diajak berfikir ala orang modern di masa depan.
Tahukah kamu, bahwa sebuah mega proyek bernama The Large Hedron Collider disebut juga sebagai proyek mesin waktu, juga merupakan proyek yang akan menghasilkan “Partikel Tuhan” (entah istilah apa lagi ini)?
Tahukah kamu, ahli syaraf Italia, Sergio Canavero dari Turin Advanced Neuromodulation Group mengungkapkan ide baru untuk mentransplantasi kepala manusia. Ini artinya, kepala manusia bisa dicangkokkan dari satu tubuh ke tubuh lainnya?
Tahukah kamu, bahwa dengan pembekuan otak dan tubuh, manusia yang sudah mati bisa dihidupkan kembali suatu hari nanti?
Tahukah kamu, bahwa sebuah pesawat luar angkasa komersial bernama Virgin Galactic sukses diuji coba. Pesawat ini yang disebut-sebut sebagai wahana wisata ruang angkasa.
Membaca itu semua, terlepas apakah berita tersebut hanya sebuah hoax atau memang benar-benar ada, tidak aneh bila kita mengatakan semuanya sebagai kegilaan dan kemustahilan. Mengingat kemodernan yang masih jauh dari akal kebanyakan kita. Seperti halnya kasus trem listrik di atas. Hanya ‘orang-orang gila’ yang memiliki kemampuan berfikir ke depan dengan segala kegilannya menciptakan kemajuan teknologi yang pada akhirnya menjadi sesuatu yang sangat lumrah bagi manusia masa depan. Kebanyakan orang di zamannya akan sulit menerima itu.
Seperti Minke yang hidup di akhir abad ke-20 saat orang-orang masih hanya mengenal teknologi dari kertas, kayu, dan besi tentu tidak akan percaya dan sampai akalnya untuk menerima benda berukuran 5 inchi bernama iPad.
Referensi
http://manajemenproyekindonesia.com/?p=692
http://techno.okezone.com/read/2013/10/05/91/876962/ide-gila-ilmuwan-transplantasi-kepala-manusia
http://forum.viva.co.id/iptek/1621533-dibuat-mati-suri-teknik-baru-penyelamatan-manusia.html
http://www.thecrowdvoice.com/post/otak-dibuat-mati-suri-demi-hidup-1000-tahun-lagi-3482427.html
http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/469727-5-perjalanan-antariksa-terdahsyat-sepanjang-2013
Previous
Next Post »
Thanks for your comment